Apa manajemennya? Pengertian Manajemen adalah proses pengorganisasian sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi bekerja sama untuk menggunakan sumber daya yang mereka miliki.
Secara etimologis, kata manajemen diambil dari bahasa Prancis kuno, yaitu manajemen, yang berarti seni dalam organisasi dan implementasi. Manajemen juga dapat didefinisikan sebagai upaya untuk merencanakan, mengoordinasikan, mengatur dan mengendalikan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.
Dalam hal ini, efektif dalam mencapai tujuan sesuai dengan rencana dan melakukan pekerjaan secara efektif dan terorganisir dengan baik.
Menurut T. Hani Handoko, administrasi diperlukan karena tiga alasan utama:
Manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi.
Manajemen juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan yang bertentangan dengan mereka yang memiliki kepentingan dalam organisasi.
Manajemen diperlukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas organisasi.
Organisasi yang sedang berkembang membutuhkan beberapa cara untuk mengelola; Termasuk manajemen strategis, manajemen sumber daya manusia, produksi, pemasaran dan bentuk manajemen lainnya.
Memahami manajemen menurut para ahli.
Beberapa ahli dalam ilmu manajemen menjelaskan apa arti manajemen. Kita bisa menjadikan pendapat pakar ini sebagai dasar pemahaman yang lebih baik tentang ilmu manajemen.
Berikut ini adalah definisi manajemen menurut para ahli:
1. Mary Parker Follet
Menurut Mary Parker Follet, memahami manajemen adalah seni melaksanakan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertanggung jawab untuk mengelola dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
2. George R. Terry
Menurut George Robert Terry, gagasan manajemen adalah proses khas yang terdiri dari beberapa tindakan; Perencanaan, pengorganisasian, mobilisasi dan pemantauan.
Semua ini dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan atau sasaran yang ingin dicapai dengan menggunakan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan lainnya.
3. Henry Fayol
Menurut Henry Fayol, konsep manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan pengendalian / pengendalian sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
4. Ricky W. Griffin
Menurut Ricky W. Griffin, konsep administrasi adalah proses perencanaan, proses organisasi, proses koordinasi dan proses mengendalikan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.
Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan rencana, sementara efektivitas berarti bahwa tugas dilakukan dengan benar, terorganisir dan diselesaikan sesuai jadwal.
3. Lawrence A. Appley
Menurut Lawrence A. Appley, gagasan administrasi adalah keterampilan yang seseorang atau organisasi harus membujuk orang lain untuk melakukan sesuatu.
5. Oey Liang Lee
Menurut Oey Liang Lee, pengertian administrasi adalah sains atau seni dalam perencanaan, organisasi, kompilasi, pengarahan dan pengendalian sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
6. Hilman
Menurut Hilman, pengertian administrasi adalah fungsi yang memungkinkan seseorang untuk mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain dan memantau upaya orang lain untuk mencapai tujuan yang sama.
7. Dr. Ahuja
Menurut Dr. Ahujae, pengertian manajemen mengacu pada mereka yang menawarkan / menyediakan layanan untuk bidang manajemen terkait.
8. Renville Siagian
Menurut Renville Siagian, definisi manajemen adalah salah satu sektor bisnis yang didedikasikan untuk layanan yang dikelola oleh para ahli yang terlatih dan berpengalaman.
9. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A
Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, MA, konsep manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial yang sesuai yang bukan tanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja, dalam hal perencanaan.
10. James A.F.Stoner
Menurut James AF Stoner, ide-ide manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, arahan dan kontrol dari upaya anggota organisasi, dan penggunaan sumber daya yang tersedia dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang sebelumnya ditentukan oleh organisasi.